NILAI BILANGAN
Connected Model (Exact Study)
|
|||
CONTOH SILABUS KELAS III
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : II/I
Alokasi Waktu : 4 × 35 menit ( 2× Pertemuan
)
A.
Standart
Kompetensi
4. Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan
sampai dua angka dalam pemecahan masalah .
1. Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan
sampai 500 .
B.
Kompetensi
Dasar
4.3 Menentukan nilai
tempat puluhan dan satuan .
1.3 Menentukan nilai
tempat ratusan, puluhan dan satuan .
1.4 Melakukan penjumlahan
dan pengurangan bilangan sampai 500 .
C.
Materi
Pembelajaran .
1.
Mengetahui
nilai tempat bilangan .
2.
Penjumlahan
sampai 500 .
3.
Pengurangan
sampai 500 .
D.
Kegiatan
Pembelajaran .
1.
Mengetahui
nilai tempat puluhan dan satuan .
2.
Mengetahui
nilai tempat ratusan, puluhan dan satuan .
3.
Mengaplikasikan
nilai tempat yang diketahui dengan berbelanja dibawah Rp 500, -
4.
Melakukan
penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 500 .
E.
Indikator
Pencapaian Kompetensi .
1.
Menyebutkan
nilai tempat suatu bilangan dengan tepat .
2.
Menentukan
nilai angka suatu bilangan berdasarkan nilai tempatnya .
3.
Menuliskan
bentuk panjang suatu bilangan berdasarkan nilai tempatnya .
4.
Menjumlah
dan mengurangkan dua bilangan tiga angka dengan benar .
F.
Penilaian
.
1.
Tes
Lisan .
2.
Tes
Tulis .
3.
Hasil
kerja peserta didik saat menjumlah dan mengurangkan bilangan 3 angka dibawah
500
G.
Alat
dan Sumber belajar .
1.
Buku
paket Matematika Kelas II
2.
Alat
belajar :
|
Ä alat tulis
Ä buku
Ä Papan tulis
Ä kapur/spidol
|
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas/Semester : II/I
Alokasi Waktu : 2 ×
35 menit ( 1× Pertemuan )
A.
Standart
Kompetensi
4. Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan
sampai dua angka dalam pemecahan masalah .
1. Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan
sampai 500 .
B.
Kompetensi
Dasar
4.3 Menentukan nilai
tempat puluhan dan satuan .
1.3 Menentukan nilai
tempat ratusan, puluhan dan satuan .
1.4 Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 500 .
C.
Indikator
Pencapaian Kompetensi .
1.
Menyebutkan
nilai tempat suatu bilangan dengan tepat .
2.
Menentukan
nilai angka suatu bilangan berdasarkan nilai tempatnya .
3.
Menuliskan
bentuk panjang suatu bilangan berdasarkan nilai tempatnya .
4.
Menjumlah
dan mengurangkan dua bilangan tiga angka dengan benar .
D.
Tujuan
Pembelajaran .
1.
Peserta
didik dapat mengetahui dan memahami nilai tempat bilangan 2 angka dan 3 angka .
2.
Peserta
didik dapat menjumlah da
E.
Materi
Ajar .
1.
Nilai
angka suatu bilangan berdasarkan nilai tempatnya .
2.
Menuliskan
bentuk panjang suatu bilangan berdasarkan nilai tempatnya .
3.
Penjumlahan
dan pengurangan angka dibawah 500
F.
Metode
Pembelajaran .
Ø Ceramah
Ø Diskusi
|
Ø Tanya jawab
Ø Pemberian tugas
|
G.
Kegiatan
Pembelajaran .
Pertemuan
I
I.
Pembukaan
a) Mengucapka
salam, berdo’a, mengecek kehadiran siswa, dan mempersiapkan materi ajar .
b) Memotivasi
siswa bertanya jawab tentang nilai bilangan .
c) Menyampaikan
tujuan pembelajaran yang akan dipelajari .
II.
Kegiatan
Inti .
a)
Guru
mengingatkan siswa pada pembelajaran kelas I yang mengajarkan tentang nilai
bilangan berdasarkan tempatnya (Sampai Puluhan)
b)
Guru
menjelaskan bagian bilangan sampai ratusan dan cara bacanya .
c)
Guru
menjelaskan nilai bilangan berdasarkan tempatnya .
d)
Guru
menugaskan siswa menuliskan angka ratusan secara berurutan berdasarkan nilai
tempatnya (Tugas I) .
e)
Guru
menugaskan salah satu siswa menuliskan satu persatu tugasnya di depan kelas .
f)
Guru
mengoreksi hasil kerja peserta didik yang di tuliskan didepan kelas .
g)
Guru
menjelaskan tentang penjumlahan dan pengurangan bilangan tiga angak
h)
Guru
memberikan tugas mengenai penjumlahan dan pengurangan bilangan tiga angka (Tugas
II) .
i)
Guru
dan peserta didik bersama – sama menyimpulkan hasil belajar hari ini .
III.
Penutup
.
a.
Guru
dan peserta didik berdiskusi bersama tentang apa yang telah dipelajari hari ini
.
b.
Guru
dan siswa menarik kesimpulan tentang pembelajaran hari ini .
c.
Guru
memotivasi siswa agar tetap belajar dan menggunakan pengetahuannya tentang
nilai bilangan pada kegiatan sehari – hari .
d.
Guru
mengakhiri pembelajaran dan berdo’a bersama .
H.
Penilaian
.
1.
Lembar
Kerja Siswa
2.
Evaluasi Proses
Adapun aspek
yang dinilai adalah :
No
|
Nama Siswa
|
Aspek yang
Dinilai
|
Keterangan
|
||
Keaktifan
|
Keberanian
|
Ketepatan
|
|||
1
|
Rohim
|
25
|
20
|
25
|
100 adalah
nilai tertinggi .
|
2
|
|||||
3
|
|||||
4
|
Keterangan :
A = sangat
baik ( ≥85 )
B = baik (
≥70 )
C = cukup (
≥65 )
D = kurang (
<60 )
Lampiran RPP
Ayo kerjakan soal berikut ....!!!
1.
Pak Paul membeli 185 genteng merah, ia
membeli lagi sebanyak 309 genteng merah. Berapa genteng merah yang dibeli
pak Paul?
2.
Dalam suatu pertandingan badminton,
penonton yang duduk dikursi 264 orang, penonton yang berdiri 174 orang,
berapa jumlah seluruh penonton pertandingan badminton?
3.
Sebuah Rw hanya mempunyai 2 Rt, Rt 1 jumlah
penduduknya 257 orang, Rt 2 jumlah penduduknya 239 orang, berapa jumlah
penduduk di Rw tersebut?
4.
Dikota ada dua macam taksi, taksi melati
berjumlah 184 mobil, taksi dahlia berjumlah 153 mobil, berapa jumlah semua
taksi dikota?
SELAMAT
MENGERJAKAN !!!
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar