Minggu, 22 Juni 2014

PROTA DAN PROMES BERDASARKAN KALENDER PENDIDIKAN



 

PROGRAM TAHUNAN

Mata Pelajaran       : Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA )
Satuan Pendidikan : Sekolah Dasar
Tahun Pelajaran     : 2013 – 2014
Kelas                        : IV

Smt
No
Kompetensi Dasar
Alokasi waktu
Keterangan
2
1








2









3








4
Membedakan berbagai bentuk energi melalui pengamatan dan mendeskripsikan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari
1.1  Mengidentifikasi bentuk – bentuk energi yang ada di sekitar
1.2  Mengamati bentuk energi yang sering dipakai dalam kehidupan sehari – hari
1.3  Memahami manfaat dari energi dan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari – hari

Memahami sifat-sifat bunyi melalui pengamatan dan keterkaitannya dengan indera pendengaran
2.1  Mengidentifikasi sifat – sifat bunyi disekitar sekolah .
2.2  Mengelompokkan sifat – sifat bunyi yang ada disekitar sekolah
2.3  Secara kelompok mengamati sifat – sifat bunyi dengan indera pendengaran
2.4  menyimpulkan bersama tentang hubungan sifat – sifat bunyi dengan indera pendengaran

Memahami sifat – sifat  cahaya melalui pengamatan dan mendeskripsikan penerapannya dalam kehidupan sehari – hari
3.1  Mengidentifikasi sifat – sifat cahaya dengan pengamatan
3.2  Mengelompokkan sifat – sifat cahaya
3.3  Memahami kegunaan cahaya setelah diketahui sifat – sifatnya
3.4  Mengetahui cara penerapan dan pemanfaatan cahaya dalam kehidupan sehari – hari

Mendeskrisikan hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan, teknologi, dan masyarakat
4.1  Mengetahui sumberdaya alam di lingkungan sekitar
4.2  Memahami teknologi yang sering dipakai di daerah sekitar
4.3  Mengetahui hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan
4.4  Mengetahui hubungan antara sumber daya alam dengan teknologi dan masyarakat



12 jp










16 jp








16 jp










16 jp


      
J U M L A H
60 jp


           
Mengetahui
Kepala Sekolah




( ............................... )

.....................,                20
Guru Mapel Sains




( ............................... )

Catatan




PROGRAM SEMESTER
TAHUN PELAJARAN 20… / 20…

NAMA SEKOLAH              :           SD NEGERI MAJU KENAK MUNDUR KENAK
MATA PELAJARAN          :           Ilmu Pengetahuan Alam
KELAS / SEMESTER         :           IV (Empat) / II (Dua)
GURU                                    :

Kompetensi Dasar/Indikator
Materi Pokok
jp
Penyebaran Jam
Januari
Pebruari
Maret
April
Mei
Juni
Juli
1
2
3
4
5
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
5
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3.4 Membedakan berbagai bentuk energi melalui pengamatan dan mendeskripsikan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari hari
3.4.1   Mengidentifikasi bentuk – bentuk energi yang ada di sekitar
3.4.2   Mengamati bentuk energi yang sering dipakai dalam kehidupan sehari – hari
3.4.3   Memahami manfaat dari energi dan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari – hari

12 Jp
4 Jp

4 Jp
4 Jp
LIBUR SEMESTER GANJIL


3

1

2



2
1




3



















UJIAN KENAIKAN KELAS
LIBUR SEMESTER GENAP
LIBUR SEMESTER GENAP
3.5 Memahami sifat-sifat bunyi melalui pengamatan dan keterkaitannya dengan indera pendengaran
3.5.1   Mengidentifikasi sifat – sifat bunyi disekitar sekolah .
3.5.2   Mengelompokkan sifat – sifat bunyi yang ada disekitar sekolah
ULANGAN HARIAN I
3.5.3   Secara kelompok mengamati sifat – sifat bunyi dengan indera pendengaran
3.5.4   menyimpulkan bersama tentang hubungan sifat – sifat bunyi dengan indera pendengaran

14 Jp
3 Jp
3 Jp
3Jp

4Jp
4Jp







3



3




3







3






1
2






2












3.6 Memahami sifat – sifat  cahaya melalui pengamatan dan mendeskripsikan penerapannya dalam kehidupan sehari – hari
3.6.1   Mengidentifikasi sifat – sifat cahaya dengan pengamatan
3.6.2   Mengelompokkan sifat – sifat cahaya
UJIAN TENGAH SEMESTER II
3.6.3   Memahami kegunaan cahaya setelah diketahui sifat – sifatnya
3.6.4   Mengetahui cara penerapan dan pemanfaatan cahaya dalam kehidupan sehari – hari

14 Jp
3 Jp
4 Jp

3 Jp
4 Jp










1

2
1


3
UTS









3





3





1







3.7 Mendeskrisikan hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan, teknologi, dan masyarakat
3.7.1   Mengetahui sumberdaya alam di lingkungan sekitar
3.7.2   Memahami teknologi yang sering dipakai di daerah sekitar
3.7.3   Mengetahui hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan
3.7.4   Mengetahui hubungan antara sumber daya alam dengan teknologi dan masyarakat
ULANGAN HARIAN II

14 Jp
3 Jp
3 Jp
4 Jp

4 Jp
3 Jp
















2

1
2


1
2



2

1





3






3


Remedial
2JP






















3





Cadangan
2JP























3





Standar Kompetensi         : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain

               Mengetahui,                ………………………, 20…….
               Kepala Sekolah SD/MI               Guru Kelas



               …………………………..               ……………………………
               NIP                NIP

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar