PROGRAM TAHUNAN
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA )
Satuan Pendidikan : Sekolah
Dasar
Tahun Pelajaran : 2013 – 2014
Kelas : IV
Smt
|
No
|
Kompetensi
Dasar
|
Alokasi
waktu
|
Keterangan
|
2
|
1
2
3
4
|
Membedakan berbagai bentuk energi melalui pengamatan dan
mendeskripsikan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari
1.1
Mengidentifikasi
bentuk – bentuk energi yang ada di sekitar
1.2 Mengamati bentuk energi yang sering
dipakai dalam kehidupan sehari – hari
1.3
Memahami
manfaat dari energi dan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari – hari
Memahami sifat-sifat bunyi melalui pengamatan dan
keterkaitannya dengan indera pendengaran
2.1
Mengidentifikasi
sifat – sifat bunyi disekitar sekolah .
2.2 Mengelompokkan sifat – sifat bunyi
yang ada disekitar sekolah
2.3 Secara kelompok mengamati sifat –
sifat bunyi dengan indera pendengaran
2.4
menyimpulkan
bersama tentang hubungan sifat – sifat bunyi dengan indera pendengaran
Memahami sifat – sifat cahaya melalui pengamatan dan
mendeskripsikan penerapannya dalam kehidupan sehari – hari
3.1
Mengidentifikasi
sifat – sifat cahaya dengan pengamatan
3.2 Mengelompokkan sifat – sifat cahaya
3.3 Memahami kegunaan cahaya setelah
diketahui sifat – sifatnya
3.4
Mengetahui
cara penerapan dan pemanfaatan cahaya dalam kehidupan sehari – hari
Mendeskrisikan hubungan antara sumber daya alam dengan
lingkungan, teknologi, dan masyarakat
4.1 Mengetahui sumberdaya alam di lingkungan sekitar
4.2 Memahami teknologi yang sering dipakai di daerah sekitar
4.3 Mengetahui hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan
4.4 Mengetahui hubungan antara sumber daya alam dengan teknologi
dan masyarakat
|
12 jp
16 jp
16 jp
16 jp
|
|
|
|
J U M L A H
|
60 jp
|
|
Mengetahui
Kepala Sekolah
(
............................... )
|
|
....................., 20
Guru Mapel Sains
(
............................... )
|
Catatan
PROGRAM SEMESTER
TAHUN PELAJARAN 20… / 20…
NAMA SEKOLAH : SD
NEGERI MAJU KENAK MUNDUR KENAK
MATA PELAJARAN : Ilmu Pengetahuan Alam
KELAS / SEMESTER : IV (Empat) / II (Dua)
GURU :
Kompetensi Dasar/Indikator
|
Materi Pokok
|
jp
|
Penyebaran Jam
|
|||||||||||||||||||||||||||
Januari
|
Pebruari
|
Maret
|
April
|
Mei
|
Juni
|
Juli
|
||||||||||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
|||
3.4 Membedakan berbagai
bentuk energi melalui pengamatan dan mendeskripsikan pemanfaatannya
dalam kehidupan sehari – hari
3.4.1 Mengidentifikasi
bentuk – bentuk energi yang ada di sekitar
3.4.2
Mengamati bentuk energi yang sering dipakai dalam
kehidupan sehari – hari
3.4.3 Memahami
manfaat dari energi dan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari – hari
|
|
12 Jp
4 Jp
4 Jp
4 Jp
|
LIBUR SEMESTER GANJIL
|
3
|
1
2
|
2
1
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
UJIAN KENAIKAN KELAS
|
LIBUR SEMESTER GENAP
|
LIBUR SEMESTER GENAP
|
|
3.5 Memahami sifat-sifat
bunyi melalui pengamatan dan keterkaitannya dengan indera pendengaran
3.5.1 Mengidentifikasi
sifat – sifat bunyi disekitar sekolah .
3.5.2 Mengelompokkan
sifat – sifat bunyi yang ada disekitar sekolah
ULANGAN
HARIAN I
3.5.3 Secara
kelompok mengamati sifat – sifat bunyi dengan indera pendengaran
3.5.4 menyimpulkan
bersama tentang hubungan sifat – sifat bunyi dengan indera pendengaran
|
|
14 Jp
3 Jp
3 Jp
3Jp
4Jp
4Jp
|
|
|
|
|
|
3
|
3
|
3
|
3
|
1
2
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||
3.6 Memahami sifat –
sifat cahaya melalui pengamatan dan
mendeskripsikan penerapannya dalam kehidupan sehari – hari
3.6.1 Mengidentifikasi
sifat – sifat cahaya dengan pengamatan
3.6.2 Mengelompokkan
sifat – sifat cahaya
UJIAN TENGAH
SEMESTER II
3.6.3 Memahami
kegunaan cahaya setelah diketahui sifat – sifatnya
3.6.4 Mengetahui
cara penerapan dan pemanfaatan cahaya dalam kehidupan sehari – hari
|
|
14 Jp
3 Jp
4 Jp
3 Jp
4 Jp
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1
|
2
1
|
3
|
UTS
|
3
|
3
|
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||
3.7 Mendeskrisikan
hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan, teknologi, dan masyarakat
3.7.1 Mengetahui sumberdaya
alam di lingkungan sekitar
3.7.2 Memahami teknologi yang
sering dipakai di daerah sekitar
3.7.3 Mengetahui hubungan
antara sumber daya alam dengan lingkungan
3.7.4 Mengetahui hubungan
antara sumber daya alam dengan teknologi dan masyarakat
ULANGAN HARIAN II
|
|
14 Jp
3 Jp
3 Jp
4 Jp
4 Jp
3 Jp
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
1
2
|
1
2
|
2
1
|
3
|
3
|
|
|
|||||
Remedial
|
2JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
Cadangan
|
2JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
Standar Kompetensi : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar,
melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di
rumah, sekolah, dan tempat bermain
Mengetahui,
………………………, 20…….
Kepala
Sekolah SD/MI Guru Kelas
………………………….. ……………………………
NIP
NIP
Tidak ada komentar:
Posting Komentar